Madrasah

UKS MAN 1 Probolinggo Lakukan Screening Kesehatan Siswa Bersama Puskesmas Paiton

Sabtu, 29 Oktober 2022 18:45 WIB
  • Share this on:

 

Kab. Probolinggo (MAN 1) –  Pemeriksaan kesehatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ajaran baru, hari ini kembali dilaksanakan oleh Usaha Kesehatan Sekolah MAN 1 Probolinggo, Kamis (15/9/2022). Kegiatan yang dilakukan bersama tim Puskesmas Paiton ini dimaksudkan untuk meningkat kesehatan siswa.

“Ya dengan kegiatan ini kita tujuannya untuk meningkatkan kesehatan peserta didik,” ungkap Bapak Jasuli, petugas dari Puskesmas Paiton.

Bapak Jasuli juga menjelaskan aspek pemerikasaan yang dilakukan pada hari ini.

“Kita akan periksa kesehatan mata, mulut dan lain lain,” imbuhnya.

Kegiatan screening dimulai dari pendataan siswa. Setelah itu, petugas pertama melakukan pengecekan tinggi badan dan berat badan. Selanjutnya, dilakulan uji kelainan mata rabun jauh/dekat. Sementara itu, petugas yang kedua mengecek buta warna dengan meminta anak menyebut angka dari campuran berbagai warna di selembar kertas. Tahap selanjutnya yaitu pengecekan telinga dari siswa. Kemudian, pada tahap terakhir petugas ketiga khusus mengecek kondisi kesehatan mulut dan gigi dari siswa. Selain itu, petugas kesehatan juga mengimbau kepada siswa untuk pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Sementara pembina UKS MAN 1 Probolinggo, Ibu Nurul Badriyah menyatakan kalau ini bagian dari program dari hasil kerjasama dengan Puskesmas Paiton yang sudah berjalan sejak beberapa tahun yang lalu.

“Ini memang program kita hasil dari MoU dengan puskesmas Paiton, kita terus menjalin kerjasama di bidang pembinaan kesehatan siswa, semoga ini banyak memberi manfaat,” harap ibu Nurul.

Tidak hanya melakukan pengecekan kesehatan, dari serangkaian kegiatan tersebut dia juga memberikan edukasi kepada siswa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Apabila setelah kegiatan ini ditemukan permasalahan pada siswa diimbau untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke fasilitas kesehatan terdekat.

Setelah pemeriksaan, giat dari Puskesmas ini dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan yang bertempat di masjid MAN 1 Probolinggo. (ZA/Puc)

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayana
Penulis:
Ayu Septiana Eka Putri Andayana
Fotografer:
Ayu Septiana Eka Putri Andayana

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB