Berita

Tuntas! 910 Jemaah Haji Probolinggo Kloter 33, 34, dan 35 Usai Diberangkatkan

Selasa, 21 Mei 2024 15:59 WIB
  • Share this on:

Kab. Probolinggo (Humas) - Impian ratusan Jemaah Haji Kabupaten Probolinggo untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah akhirnya terwujud. Sebanyak 910 Jemaah Haji dari Kloter 33, 34, dan 35 telah diberangkatkan secara bertahap pada Minggu (19/5/2024) dan Senin (20/5/2024).

Pemberangkatan Jemaah Haji ini diawali dengan pelepasan di Wisata Religius Miniatur Ka'bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending. Pelepasan kloter 33 dan 34 yang berjumlah 731 orang dilakukan pada Minggu pagi, sedangkan kloter 35 yang terdiri dari 179 orang diberangkatkan pada sore harinya.

Setibanya di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, pada Jemaah Haji melakukan proses check in dimana seluruh kebutuhan Jemaah mulai dari proses pembagian akomodasi, gelang, living cost, serta paspor dilaksanakan. Pelepasan Jemaah Haji Kloter 33 dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Samsur, pada hari Minggu malam pukul 23:00 WIB. Sedangkan Kloter 34 dan 35 dilepas pada hari Senin pukul 05:48 WIB dan pukul 13:42 WIB.

Adapun jadwal penerbangan untuk Jemaah Haji Kloter 33 dijadwalkan pada Senin dini hari pukul 03.25 WIB, Kloter 34 pada Senin pagi pukul 09.20 WIB, dan Kloter 35 pada Senin sore pukul 18.00 WIB.

Kepala Seksi Ibadah Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, Taufieq, menyampaikan bahwa awalnya terdapat 912 Jemaah Haji Kabupaten Probolinggo yang dijadwalkan berangkat tahun ini. Namun, dua orang di antaranya harus menunda keberangkatan karena ditemukan sakit pada saat pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Meskipun demikian, Taufieq memastikan bahwa kuota haji untuk Kabupaten Probolinggo tetap terpenuhi. "Upaya untuk mencari pengganti dua Jemaah Haji yang batal berangkat ini sudah dilakukan dan mudah-mudahan bisa segera teratasi," terangnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Samsur, berpesan agar para Jemaah Haji fokus pada ibadah dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk meraih haji mabrur. "Semoga ibadah haji ini menjadi berkah bagi para jemaah yang sudah menantikan perjalanan spiritual ini sejak lama," tuturnya.

Samsur juga berpesan kepada seluruh petugas yang mendampingi agar selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi tamu tamu Allah.

Setali tiga uang dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, yang turut hadir dalam pelepasan Jemaah Haji di Wisata Religius Miniatur Ka'bah Desa Curahsawo Kecamatan Gending, mendoakan agar para jamaah diberikan kesehatan dan kelancaran selama menjalankan ibadah haji. "Saya berpesan kepada para jemaah haji untuk menjaga kesehatan, kekompakan, dan selalu mengikuti aturan yang berlaku di Tanah Suci," ujarnya.

Keberangkatan Kloter 33 dengan nomor penerbangan SV 5245 berjalan dengan lancer dan telah tiba di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah di hari Senin (20/05) pukul 11:15 WAS. Kloter 34 dengan penerbangan SV 5377 dijadwalkan tiba di hari yang sama pada pukul 18:10 WAS. Sedangkan untuk Kloter 35, dijadwalkan tiba di hari Selasa (21/05) pada pukul 02:50 WAS. (Puc)

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayanana

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB