Zakat Wakaf

Serahkan Sertifikat Halal Gratis Kepada Pelaku Usaha, Satgas Halal: Sertifikat Halal Memperkuat Brand dan Daya Saing Produk

Rabu, 15 Maret 2023 11:21 WIB
  • Share this on:

Kab. Probolinggo (Humas) - Sebanyak 20 Pelaku Usaha (PU) menerima Sertifikat Halal Gratis yang diserahkan secara simbolis oleh Satgas Halal Kemenag Kab. Probolinggo, Yazid Zain bersama Koordinator Pendamping PPH, Siti Sururin Nasihin Robiati, Senin (13/03).

Bertempat di Aula Gedung PLHUT Jl. Dr. Saleh Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan Probolinggo dan dihadiri 60 peserta, dalam sambutannya selaku Satgas Halal Kemenag Kab. Probolinggo, Yazid menegaskan pentingnya sertifikasi halal bagi produk makanan dan minuman serta industri lainnya. Karena dalam kehidupan seorang muslim persoalan makanan dan minuman bukan hanya persoalan pemenuhan kebutuhan fisik belaka. Tetapi juga terkait langsung dengan aqidah dan perintah agama.

"Islam memerintahkan umatnya untuk menjaga kesucian badan pakaian tempat termasuk juga makanan dan minuman yang dikonsumsi agar segala amal ibadahnya diterima oleh Allah", tegas Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag ini.

Ia menjelaskan bahwa dalam perspektif Islam makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang turut membentuk perilaku, sifat dan karakter. Makanan yang haram akan meninggalkan karakter yang kurang baik bagi konsumennya. Demikian juga sebaliknya. Oleh karena itu program sertifikasi halal gratis adalah suatu keharusan dan perlu mendapatkan dukungan penuh dari segala lapisan masyarakat mengingat bahwa mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim.

"Tentu saja sertifikasi produk yang sudah tersertifikasi halal akan memberikan kenyamanan, keamanan dan kepercayaan konsumen sehingga memperkuat brand dan meningkatkan daya saing produk", terang mantan Penyuluh Agama Islam Fungsional ini bersemangat.

       Siti Nasihin Robiati, selaku Koordinator Pendamping PPH menyatakan bahwa penyerahan sertifikat halal gratis kepada para PU adalah bentuk penghargaan atas partisipasi aktif para PU dalam mendukung program pemerintah.

"Kami berharap mereka ikut mendorong para PU yang lainnya untuk segera mensertifikasi produk miliknya dengan sertifikasi halal gratis", pungkasnya. (Puc/Yz)

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayanana
Penulis:
Ayu Septiana Eka Putri Andayanana

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB