Berita

Selesai Melaksanakan Arbain, Jemaah Haji Kloter 64 - 65 SUB Kembali Ke Tanah Air

Kamis, 27 Juli 2023 04:55 WIB
  • Share this on:

Makkah (Info Haji) - Setelah berhasil merampungkan kegiatan Arbain (melaksanakan sholat maktubah 40 waktu secara berjemaah di Masjid Nabawi, Jemaah haji asal Kabupaten Probolinggo, Banyuwangi, Bojonegoro dan Lamongan yang tergabung dalam kloter 64 - 65 SUB. Kamis, (27/7/2023)

Kamis pagi 06.30 WAS semua jemaah diminta mengemasi seluruh barang bawaannya guna menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan tepat pukul 12.40 WAS akan take off menuju Bandara Indonesia. Kamis, 27/7/2023).

Melalui Group WA Ketua Kloter 64 SUB Ahmad Zamroni dan 65 SUB Hartono mengumumkan bahwa kepulangan Kloter Sub 64-65 telah sesuai jadwal. Arbain kedua kloter dinyatakan selesai hingga Sholat Isya' malam kamis, 27/7/2023.

Jama'ah wajib siap-siap sebelum Subuh dengan memakai batik nasional, check out hotel dan didorong menuju Bandara Madinah.

Masuk gelombang ke II, Sejak kedatangan Jemaah kloter 64 & 65 SUB langsung menuju Makkah dan dipulangkan dari Madinah karena mereka melaksanakan Arbain terlebih dahulu", terang Imamuddin Nur Fajri, Bimbad Kloter tersebut kepada Kontributor MPA Jatim Ansori.

Rencana keberangkatan dari Tanah Suci ke Tanah Air dijadwalkan besok kamis 27 Juli 2023 berjumlah 897 orang atau 2 kloter dengan rincian sebagai berikut :

1) Kloter 64 merupakan gabungan dari jemaah haji asal kabupaten Probolinggo, Banyuwangi, Bojonegoro dan Lamongan. Jemaah ini terdiri dari PPIH 5 orang, Safara Probolinggo 341 orang, Sabilillah Banyuwangi 77 orang, Attanwir Bojonegoro 6 orang, Al Hurr Bojonegoro 7 orang, Al Mabrur Bojonegoro 2 orang, IPHI Paiton 45 orang, NU Kraksaan 22 dan sisanya Jemaah Mandiri.

2) Sementara untuk Kloter 65 murni jemaah haji dari kabupaten Probolinggo terdiri dari PPIH 5 orang dan jemaah haji dari KBIH Nurul Haramain Probolinggo dan Nur Arofah Probolinggo.

Baik jemaah yang tergabung dalam kloter 64 SUB maupun 65 SUB telah menyelesaikan Arbain di Masjid Nabawi Madinah.

Menjelang pendorongan menuju Bandara, selain telah melaksanakan Arbain, jemaah mengikuti sholat Jum'at di Masjid Nabawi dan Raudhah (tempat mustajabah antara mimbar dan rumah nabi Saw yang sekarang menjadi persemayaman beliau) dengan memperbanyak doa, dzikir dan sholat sunah mutlak di sana). Disamping itu ziarah ke masjid quba, uhud, qiblatain, khandaq dan tempat-tempat bersejarah lainnya. 

Jemaah Probolinggo yang wafat hingga tanggal 27 Juli 2023 pukul 12.40 Wib sebanyak 3 orang dari kloter 65 SUB.

Madinah memiliki suhu yang panasnya cukup ekstrim hingga dikisaran 45-47°C lebih panas dari kota Makkah tidak menjadi penghalang bagi jemaah untuk melaksanakan Arbain secara sempurna. (Aan/Puc).

Kontributor Arab Saudi : Ansori MP

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayanana
Kontributor:
Anshori, M.Ag

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB