Madrasah

Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2021, MAN 1 Probolinggo Maju ke Tingkat Nasio

Sabtu, 29 Oktober 2022 11:52 WIB
  • Share this on:

Kab. Probolinggo – Kembali menambah koleksi prestasi membanggakan, MAN 1 Probolinggo berhasil meraih predikat madrasah adiwiyata tingkat propinsi jawa timur pada tahun 2021. Ketua Adiwiyata MAN 1 Probolinggo, Ibu Raudatus Saadah mengabarkan kepastian capaian ini kepada humas mansapro sesaat setelah menerima SK sekolah adiwiyata tingkat provinsi ini.

“Ya hari ini, Kamis (02/12/2021) saya telah menerima SK penetapan MAN 1 Probolinggo sebagai madrasah Adiwiyata tingkat propinsi Jawa Timur, tadi yang menyerahkan kepada saya kabid (red: kepala bidang) pada dinas lingkungan hidup,” jelasnya.

Pada saat menemui Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, ibu Sujarwati Ningsih, di kantor DLH Kabupaten Probolinggo sesaat setelah penyerahan SK kepada pihak MAN 1 Probolinggo di kantornya, beliau menjelaskan dan menegaskan kebenaran berita tersebut.

“Alhamdulillah, MAN 1 Probolinggo bisa lolos di tingkat Provinsi, sebenarnya kita mengirim 7 sekolah di Kabupaten Probolinggo, pada saat seleksi administrasi yang lolos hanya 3 sekolah, yang 4 gugur. Selanjutnya yang 3 sekolah masuk verifikasi lapangan; 2 sekolah dari dinas pendidikan yang satu sekolah dari kemenag, yaitu MAN 1, alhamdulillah MAN 1 Probolinggo satu2nya utusan kita yang bisa tembus di tingkat Provinsi jawa timur,” jawabnya dengan rasa bangga.

Sama seperti yang disampaikan ibu Sujarwati, ibu Darwanti Impiani, Kasi Kemitraan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup ini juga tidak bisa menutupi rasa bahagianya.

“Alhamdulillah, tidak sia-sia, pada awalnya kita sudah khawatir 3 sekolah yang sudah verifikasi lapangan tidak ada yang terpilih sama sekali, ya ternyata MAN 1 Probolinggo ini bisa lolos di tingkat provinsi,” tambah pejuang lingkungan yang sudah biasa keluar masuk sekolah sekolah untuk pembinaan adiwiyata ini.

Lebih jauh ibu Sujarwati menegaskan bahwa nama sekolah adiwiyata sesungguhnya diberikan kepada sekolah yang sudah bisa menjadikan cinta lingkungan hidup sebagai prilaku warganya sehari hari. Ini perlu komitmen, kerjasama, wawasan cinta lingkungan harus teritegrasi juga dalam RPP guru, jadi semua komponen yang ada di sekolah akan saling terkait

Setelah lolos sebagai madrasah adiwiyata tingkat provinsi, MAN 1 Probolinggo akan melangkah ke jenjang madrasah adiwiyata tingkat nasional.

 ”Kalau sudah lolos tingkat Provinsi, maka harus menunggu 1 tahun untuk mengajukan di tingkat Nasional, jadi bulan November 2022 MAN 1 Probolinggo sudah bisa kita ajukan ke tingkat Nasional untuk yang tahun 2023, pokoknya saya berterima kasih kepada MAN 1 Probolinggo yang juga membantu program cinta lingkungan ini,” tutup ibu Sujarwati.

 

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayana
Kontributor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayana
Penulis:
Ayu Septiana Eka Putri Andayana
Fotografer:
Ayu Septiana Eka Putri Andayana

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB