Berita

Ketua Kloter 64 SUB Instruksikan Jemaah untuk Menahan Diri

Minggu, 25 Juni 2023 02:30 WIB
  • Share this on:

Mekah (Info Haji) Masih dalam ulasan Haji 1444 H/2023. Dengan semakin dekatnya pelaksanaan inti haji yaitu Arofah Muzdalifah Mina (Armuzna) yang kurang dua hari lagi dari tanggal 9-13 Dzulhijjah, Ketua Kloter 64 Dr. Ahmad Zamroni instruksikan jemaahnya untuk menahan diri melakukan aktivitas selain yang dilaksanakan di dalam hotel. Sabtu, (24/6/2023).

Dalam instruksi tersebut agar jemaah bisa mengatur rule kegiatannya fokus pada prsiapn armuzna dengan mempersiapkan fisik sebaik mungkin, badan sehat dan tetap bugar dan khusus jemaah lansia dan Risti bisa mewakilkan dalam pelaksanaan jumroh Aqobahnya dan yang bersangkutan bisa tetap tinggal di Min.

Kegiatan terpusat di Hotel Tara Al Raudhah Mekah. Sabtu, 24/6/2023 sore tadi Ketua kloter 64&65 bermusyawarah di Ruang pengurus Lantai 907 membahas optimalisasi pelayanan armuzna. Diantara keputusannya, jemaah dihimbau fokus penataan fisik, penguatan materi manasik, dan memperbanyak doa.

Penguatan fisik dijadwalkan olahraga pagi di lataran hotel Tara Al Rawdah dengan lantunan talbiyah. Sementara untuk penguatan bathin digelar istighosah bersama jemaah guna bermunajat kepada Allah agar diberikan kemudahan.

Sementara untuk penguatan Manasik melalui TPIHI/ pembimbing kloter memberikan bimbingan manasik haji.

Materi terbagi dalam tiga term; pertama nasib yang pertama pengertian niat dan tatacara ihram haji/ umroh. Materi kedua tentang ulasan seputar wukuf di Arafah,  mabit Muzdalifah Mina.

Materi terakhir pentingnya tawaf ifadah yang merupakan tawaf rukun, sai dan tahallul.

Menurut Imam kegiatan Haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kesiapan super kesiapan fisik yang proporsional sehingga jemaahbdiwajibkan mengikuti senam pagi sebelum sarapan. Mereka diajak olahraga lahir sekaligus batin dengan istighosah dan dzikir. (Aan/Puc)

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayanana
Kontributor:
KUA Probolinggo

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB