Berita

Ajang Kakang Ayu Paiton, MTsN 1 Probolinggo Sabet Juara 1

Senin, 21 Agustus 2023 14:40 WIB
  • Share this on:

Kab. Probolinggo (MTsN 1) -  Delegasi MTsN 1 Probolinggo atas nama Ulfa Dzurrotil Hasanah Arifin, menyabet juara 1 dalam ajang Pemilihan Kakang Ayu Kecamatan Paiton (21/8/23). Kompetisi ini dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Paiton dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan oleh panitia PHBN Kecamatan Paiton. Gelaran pemilihan putra dan putri terbaik Paiton ini melibatkan 43 peserta dari berbagai satuan pendidikan, yaitu MTs/SMP, SMA/MA. Mereka berkompetisi dengan beberapa tahapan seleksi mulai dari unjuk bakat, wawancara, dan cat walk. Turut hadir sebagai juri Pemilihan Kakang Ayu yaitu, Kepala Puskesmas Paiton, Danramil Paiton, Kapolsek Paiton, dan lain-lain.

Lomba Pemilihan Kakang Ayu ini merupakan ajang untuk menggali kompetensi dan menumbuhkan kepedulian untuk memahami tentang stunting, etika keselamatan lalu lintas, serta pariwisata di Kecamatan Paiton. Selain itu, momen ini sebagai alat pemersatu antar generasi muda yang pada puncaknya menjadi kebanggaan Duta Paiton. Kedepannya mereka yang terpilih menjadi juara akan direkomendasikan dan dibina untuk mengikut ajang Kakang Ayu Kabupaten Probolinggo. Ibu Lilik S, paegawai puskesmas sekaligus ketua panitia perlombaan mengatakan, "Setelah ini para juara akan dibina dengan intensif. Berbagai macam materi akan kita berikan, kerena mereka wakil kita yang akan mengangkat potensi-potensi daerah paiton, mulai dari wisata, budaya, dan potensi lainnya."

Tahap awal seleksi, para peserta dipanggil satu persatu untuk unjuk cat walk di hadapan para juri dan penonton. Seleksi ini menunjukkan keluwesan dan keanggunan peserta dalam berkomunkasi non-verbal kepada orang lain. Tahap selanjutkan, peserta harus melewati wawancara para dari para juri kemudian melakukan unjuk bakat. Ulfa Dzurotul H.A., pemenang Ayu Paiton mengatakan, "Saya sempat grogi ketika ditanya oleh juri. Tapi, dengan beberapa persiapan sebelumnya saya bisa menjawab pertanyaan dari mereka". (HMSMatsapro)

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayanana
Kontributor:
MTsN 1 Probolinggo

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB