Berita

32 Jemaah Haji Kabupaten Probolinggo Kloter “Sapu Jagad” Dilepas Wakil Bupati Probolinggo dan Kakankemenag Kabupaten Probolinggo

Kamis, 22 Juni 2023 14:37 WIB
  • Share this on:

Kab. Probolinggo (Humas) - Wakil Bupati Probolinggo, H. Timbul Prihanjoko, Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Samsur, jajaran MUI dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo siang ini secara resmi melepas 32 Jemaah Haji kloter pamungkas yang dikenal dengan sebutan Kloter “Sapu Jagad",  setelah sebelumnya telah melepas 787 jemaah yang terbagi dalam kloter 64 dan 65. 

Kloter Sapu Jagad adalah kloter terakhir jemaah haji Indonesia, yang mengangkut Jemaah haji gabungan dari seluruh kloter di Indonesia untuk memenuhi ketersediaan tambahan kuota Jemaah Haji. Jemaah Haji Pengisi Kuota Haji Tambahan Kabupaten Probolinggo sendiri tergabung kedalam Kloter 85. 

Berbeda dengan Kloter 64 dan 65 yang berangkat dari 6 titik Kecamatan dan berkumpul untuk dilepas di Wisata Religi Miniatur Ka’bah, Jemaah Haji langsung berkumpul di Pendopo Kabupaten Probolinggo. Prosesi pelepasan Jemaah Haji tidak jauh berbeda dengan pelepasan sebelumnya.

Pada pelepasan ini, Kakankemenag Kabupten Probolinggo dan Wakil Bupati Probolinggo berkesempatan untuk memberikan sambutan kepada para Jemaah Haji Sapu Jagad. Dilanjutkan dengan bersalam-salaman, simbolis pelepasan yang diawali dengan kumandang adzan dan iqamah yang diteruskan dengan doa, kata-kata pelepasan, dan dilepas dengan bendera, sirene, serta bacaan talbiyah. 

Pelepasan kloter Sapu Jagad ini dilakukan sekitar pukul 14.30 WIB dan dijadwalkan akan memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada hari Kamis tanggal 22 Juni 2023 pukul 17.00 WIB. Jemaah Haji akan beristirahat, melakukan beberapa proses pemeriksaan dan pembagian dokumen serta living cost di Asrama Haji Embarkasi Surabaya sebelum diberangkatkan menuju Bandara Juanda. Jadwal keberangkatan kloter 85 menuju Bandara Juanda pada Hari Jumat, 23 Juni 2023 pukul 05.10 WIB, dan take off menuju Bandara Jeddah menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada pukul 08.10 WIB.    

Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Samsur, mengungkapkan harapannya agar para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk, dan tidak lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Samsur juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan melibatkan diri dalam persiapan pemberangkatan kloter Sapu Jagad ini. Diharapkan agar semua jemaah haji dapat kembali dengan selamat, membawa pengalaman spiritual yang berharga, serta menebarkan semangat kebaikan dan kedamaian di tengah masyarakat setelah menyelesaikan ibadah haji. (Puc)

Editor:
Ayu Septiana Eka Putri Andayanana

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB